Friday, August 24, 2018

INI DIA ASUPAN TEPAT UNTUK ATASI LELAH DAN STRES

Asupan Ini Bisa Cepat Kembalikan Energi. Pekerjaan yang menumpuk dan tidak kunjung selesai menyebabkan stres dan kondisi fisik pun menjadi turun. Rasa lelah akan menyebabkan daya konsentrasi pun menurun. Ada beberapa makanan yang bisa disantap dan berguna untuk mengembalikan energi agar tubuh tidak cepat merasa lelah. Baca juga Jenis Makanan yang Justru Meningkatkan Stres

INI DIA ASUPAN TEPAT UNTUK ATASI LELAH DAN STRES

Berikut ini adalah asupan yang tepat untuk mengatasi kondisi kelelahan dalam tubuh:

Pisang

Pisang merupakan salah satu sumber tenaga yang paling baik untuk tubuh, banyak atlet olahraga yang mengonsumsi pisang saat bertanding karena bisa mengembalikan tenaga dengan cepat.

Pisang mengandung karbohidrat kompleks, protein, magnesium, dan asam amino yang mampu memberikan energi. Tak hanya itu saja, kombinasi dari potasium yang tinggi serta vitamin B pada pisang juga dapat membuat suasana hati lebih baik.

Susu

Susu memiliki kandungan protein yang tinggi untuk tubuh, selain protein susu juga mengandung nutrisi mineral yang baik untuk menggantikan cairan dalam tubuh.

Mengonsumsi satu gelas susu sebelum tidur bisa mengembalikan kondisi otot yang lelah selama beraktivitas seharian.

Bayam

Mengandung zat besi, magnesium, dan potasium membuat bayam memiliki peranan penting untuk memproduksi energi. Magnesium tidak hanya membantu meningkatkan energi tetapi juga membuat tubuh lebih relaks sehingga lebih mudah mendapatkan kualitas tidur yang baik.

Bayam juga dapat mengendurkan otot yang kencang, kaki yang pegal, dan mata kedutan.

Oats

Asupan yang satu ini selain bisa mengatasi masalah kelelahan untuk tubuh ternyata juga memiliki manfaat lain yang bisa membantu meningkatkan kesehatan jantung seseorang.

Untuk melengkapkan nutrisi ketika mengonsumsi oats, kamu bisa menambahkan susu sebagai pelengkap. Selain itu juga bisa ditambahkan buah-buahan seperti stroberi dan pisang.

Biji Chia

Biji chia adalah sejenis biji-bijian yang berasal dari Salvia hispanica L, banyak tumbuh di negara Amerika Selatan dan Meksiko biji-bijian ini mulai menjadi makanan favorit di Indonesia belakangan ini.

2 sendok makan biji chia mengandung sekitar 24 gram karbohidrat dan 4,8 gram omega 3 yang baik untuk kesehatan jantung kita. Menurut sebuah studi mengonsumsi mengonsumsi biji chia dampaknya hampir sama dengan mengonsumsi sports drink.

Salmon

Omega 3 dan vitamin B pada ikan salmon berguna untuk memproduksi energi dan meningkatkan fungsi otak. Sehingga ketika Anda merasa kurang fokus, makan salmon dapat membantu meningkatkan fungsi kognitif otak dan meningkatkan suasa hati.

Konsumsi salmon dengan bayam dan nasi merah jika Anda menginginkan stamina yang prima dan memiliki mobilitas tinggi.

Madu

Madu merupakan sumber energi terbesar karena kaya akan karbohidrat yang dibutuhkan tubuh untuk mengembalikan energi. Madu juga membantu mengatur kadar glikogen yang berfungsi untuk menghindari otot dan tubuh yang kelelahan.

Konsumsi satu sendok teh madu yang dicampurkan dengan teh hangat. Minum pada pagi atau sore hari agar tubuh lebih berstamina.

Jamur

Jamur kaya akan zat besi yang membantu mengatasi kelelahan karena memberikan oksigen ke dalam tubuh. Campurkan jamur ke dalam salad atau sup untuk meningkatkan asupan nutrisi, dengan demikian Anda juga bisa memperoleh asupan vitamin D dan B12 agar tubuh lebih berenergi.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon