Thursday, August 23, 2018

PERAWATAN KULIT DAN RAMBUT DENGAN MINYAK JARAK

Minyak Jarak untuk Kecantikan. Sama halnya dengan minyak zaitun, kini banyak industri kosmetik menggunakan minyak jarak sebagai salah satu bahan utama dalam banyak produk perawatan kecantikan. Sebagian besar manfaat kecantikan yang ditawarkannya dimungkinkan karena minyak ini mengandung asam risinoleat yang tinggi. Asam risinoleat, suatu asam lemak omega-9 tak jenuh dan suatu asam hidroksil, memiliki kemampuan anti-inflamasi serta anti-bakteri. Lihat juga RANGKAIAN TAHAPAN PERAWATAN WAJAH DENGAN CLEANSING OIL

PERAWATAN KULIT DAN RAMBUT DENGAN MINYAK JARAK

Minyak jarak juga kaya akan vitamin E, mineral, protein, dan nutrisi lain yang berkhasiat bagi kesehatan kulit dan rambut.

Minyak jarak adalah minyak nabati yang diekstrak dari biji jarak. Tanaman jarak biasa disebut Ricinus Communis, jenis tanaman yang bisa muncul dalam berbagai bentuk, mulai dari panjang dengan daun hijau mengkilap hingga kemerah unguan dengan lingkaran runcing.

Warna minyak jarak yang diestraksi ini dapat bervariasi, mulai dari tidak berwarna hingga berwarna kuning sangat pucat, dengan aroma yang menyengat. Manfaat minyak jarak telah digunakan secara tradisional untuk rambut dan kulit.

Berikut manfaat minyak jarak untuk kecantikan.

1. Manfaat untuk rambut

Minyak jarak mengandung asam lemak omega 9, termasuk ricinoleic. Minyak ini sangat terkenal karena sifat emoliennya, dapat menyerap dengan sangat mudah ke dalam kulit, termasuk kulit kepala.

Saat menyerap ke dalam kulit kepala, minyak jarak akan membantu meningkatkan sirkulasi darah, mengurangi gatal, dan mengunci kelembapan. Selain itu, minyak jarak juga terbukti dapat memperbaiki rambut kering dan memberi kelembapan yang sangat baik.

Minyak jarak adalah solusi bagi Anda yang ingin punya alis dan bulu mata tebal. Minyak ini menutrisi dan menstimulasi folikel-folikel rambut sehingga mampu menebalkan rambut pada alis serta bulu mata. Minyak jarak mengandung protein, vitamin, dan asam lemak yang menutrisi folikel-folikel rambut serta mendorong pertumbuhannya.

Selain itu juga dapat mengatasi mikroorganisme-mikroorganisme yang menghambat pertumbuhan rambut.

2. Manfaat untuk kulit
- Menutrisi kulit kering
Minyak jarak bekerja sangat baik untuk melembapkan kulit kering. Seraya meresap ke dalam kulit, minyak jarak juga bekerja mengatasi kulit kering dan pecah-pecah.

Kandungan tinggi asam lemak di dalamnya juga member manfaat untuk kulit dengan membantu mengatasi masalah seperti dermatitis, yang dapat menyebabkan kulit tampak sangat kasar dan kering.

Juga, minyak ini mendorong produksi dari elastin dan kolagen, yang membantu memperlambat tanda-tanda penuaan serta menjaga kulit awet muda. Berikut cara memanfaatkan minyak jarak untuk kulit kering.

- Mengurangi dan Mencegah Jerawat
Kalau Anda sedang mencari bahan alami yang dapat menangani masalah jerawat, minyak jarak dapat menjadi solusinya. Saat digunakan pada wajah yang berjerawat, minyak ini dapat membersihkan debu, kotoran, sel kulit mati, dan sebum berlebih.

Kemampuan minyak jarak untuk menyerap hingga ke lapisan dalam kulit dapat langsung mengobati dari ‘akar’-nya.

Anda dapat langsung mengoleskan minyak ini pada area wajah yang berjerawat, namun ingat juga untuk menggunakan secukupnya agar tidak terjadi penyumbatan pori-pori.

- Mengurangi kerutan
Minyak jarak adalah bahan emolien alami yang dapat mengurangi kerutan dan garis-gari halus pada kulit.

Seraya meresap ke dalam lapisan-lapisan kulit, minyak jarak tidak menyumbat pori-pori. Sebenarnya, minyak ini mencapai jauh ke dalam kulit untuk menutrisinya. Juga membantu mengurangi penampakan noda dan bekas luka pada kulit.

- Mencegah stretch mark
Manfaat minyak jarak untuk kulit yang selanjutnya adalah untuk mencegah stretch mark saat hamil. Pada dasarnya, minyak ini bekerja sebagai humektan (pelembap), membantu kulit untuk mendapatkan kembali kelembapan serta mempertahankan kelenturannya.

Disamping itu, kandungan asam lemak di dalamnya memaksimalkan kemampuan kulit untuk meregenerasi jaringan-jaringannya sehingga menguatkan kekuatan kulit serta teksturnya. Berikut cara memanfaatkan minyak jarak untuk kulit bebas stretch mark.

- Menghaluskan kapalan
Minyak kental ini merupakan pelembap yang sangat bagus untuk membantu menghaluskan kapalan dengan cara mengatasi kondisi kulit yang kering dan sangat kasar.

Jika dioleskan ke area yang kapalan, minyak jarak akan mengembalikan kelembapan serta menambahkan kehalusan.

Selain itu, kemampuan anti-inflamasi di dalamnya membantu meringankan rasa sakit dan bengkak yang bisa membuat Anda semakin sulit untuk berjalan. Manfaat minyak jarak juga efektif untuk mengatasi tumit yang kering dan pecah-pecah.

- Melembutkan bibir pecah-pecah
Untuk bibir yang pecah-pecah dan menggelap, Anda bisa mengatasinya dengan manfaat minyak jarak. Kemampuan melembapkan dari minyak ini menjaga bibir tetap lembap serta ternutrisi dengan baik. Bahkan juga mampu mengatasi sekaligus mencegah bibir pecah-pecah.

Disamping itu, minyak jarak juga bermanfaat untuk menjaga warna alami bibir yang merah muda. Sebenarnya, minyak jarak merupakan salah satu bahan utama dari berbagai produk perawatan bibir.

- Menyembuhkan luka terbakar matahari
Kemampuan menenangkan serta anti-inflamasi yang dimiliki minyak jarak bermanfaat untuk menyembuhkan luka terbakar akibat sinar matahari. Kandungan asam risinoleat di dalamnya akan melindungi lepuhan yang disebabkan terbakar sinar matahari.

Di sisi lain, asam lemak omega-3 yang dimilikinya membantu menjaga kulit tetap terhidrasi sekaligus merangsang pertumbuhan jaringan kulit yang sehat.

Selain untuk luka terbakar matahari, manfaat minyak jarak juga bagus untuk mengatasi kondisi hiperpigmentasi dan membersihkan kulit dari noda dan bercak-bercak. Berikut cara memanfaatkan minyak jarak untuk kulit yang terluka karena terjemur matahari.

Sebelum menggunakan minyak jarak untuk penggunaan luar, selalu coba dulu sedikit oleskan ke kulit untuk memastikan apakah ada reaksi alergi kulit terhadap minyak ini, terutama bagi Anda yang alergi terhadap kacang-kacangan. Konsultasikan dengan dokter atau ahli kulit terlebih dahulu untuk menggunakan minyak jarak sebagai rutinitas kecantikan.



Artikel Terkait


EmoticonEmoticon