Monday, September 10, 2018

CARA PERAWATAN CELANA DAN PAKAIAN BERBAHAN DENIM (JEANS) AGAR NYAMAN DIPAKAI

Ini Dia Tips Menjadikan Jeans Baru Lebih Lembut. Pakaian ataupun celana dari bahan jeans (denim) yang baru dibeli biasanya masih terasa keras dan tidak nyaman ketika digunakan. Bahan denim yang masih keras bisa membuat kulit kita iritasi dan pada akhirnya kita enggan menggunakan jeans tersebut. Lihat juga PENYAKIT KULIT DI NEGARA TROPIS

CARA PERAWATAN CELANA DAN PAKAIAN BERBAHAN DENIM (JEANS) AGAR NYAMAN DIPAKAI

Ada cara sederhana yang bisa digunakan untuk membuat jeans baru terasa lebih lunak dan nyaman digunakan. Cara ini bisa dilakukan untuk segala jenis jeans.

1. Lepaskan label jeans
Beberapa celana jeans memiliki label yang tersemat pada bagian pinggang. Bagi pemilik kulit sensitif atau anak-anak, label tersebut bisa membuat iritasi. Potong label tersebut dari bagian dalam jeans menggunakan gunting tajam. Hati-hati mengguntingnya dan jangan gunting di bagian atas untuk menghindari bahan jeans ikut tergunting. Simpan label tersebut dan ingatlah pasangan jeansnya. Sehingga, jika membutuhkan informasi jeans itu suatu saat, Anda bisa membacanya kembali.

2. Membalikkan jeans
Membalik jeans bagian dalam ke luar sebelum mencuci akan membantu mengawetkan tampilannya ketika memulai perawatan. Hal ini penting untuk menghindari warna yang memudar pada jeans berwarna gelap atau munculnya goresan. Untuk hasil optimal, cucilah denim terpisah dan tidak mencampur dengan pakaian lain. Jika denim memiliki robekan, Anda bisa melewatkan tahapan ini.

3. Gunakan rendaman cuka
Cuka putih bisa menjadi pelembut alami bagi bahan denim dan membuatnya lebih nyaman digunakan. Untuk melembutkan jeans baru yang masih keras, campurkan delapan gelas air panas dengan segelas cuka putih. Anda bisa mencampurkannya dalam ember plastik. Celupkan jeans pada larutan tersebut dan rendam beberapa jam atau semalaman. Rendaman cuka tidak hanya melembutkan denim, tapi juga bisa mengawetkan warna dan menghindari luntur pada jeans berwarna gelap. Jangan khawatir dengan jeans yang akan berbau cuka. Ketika kering, bau cuka akan menghilang sendirinya dan meninggalkan bau segar dan bersih.

4. Gunakan mesin pengering
Sebelum melanjutkan tahapan berikutnya, keringkan jeans. Anda bisa menggunakan mesin pengering untuk membuatnya kering sempurna. Jika khawatir jeans menyusut, atur tingkat panas pada mesin cuci di tingkat terendah. Perlu dicatat, penggunaan mesin pengering tidak disarankan untuk perawatan biasa. Jeans lebih baik diangin-anginkan agar bentuk dan warnanya tidak rusak.

5. Gulung jeans
Ketika jeans sudah kering sempurna dan masih hangat dari mesin pengering, gulung ketat jeans hingga menggelung seperti bola. Sangkutkan pada bagian pinggang. Gulung seketat mungkin. Gunakan ikat baju mandi atau kain untuk mengikat jeans agar gulungannya tak terlepas. Biarkan jeans dingin hingga beberapa jam. Menggulung jeans ketika masih hangat akan membantu merenggangkan denim dan benang-benangnya sehingga menimbulkan efek lembut pada jeans. Jika Anda menggulung beberapa jeans sekaligus, sebagai alternatif Anda bisa memasukannya ke dalam kantong yang ukurannya pas ketimbang mengikatnya satu-satu.

6. Gunakan amplas
Lepas gulungan jeans dan pastikan masih dalam keadaan terbalik. Gunakan kertas amplas untuk secara lembut dan perlahan digosokkan pada permukaan denim. Mulailah dari bagian atas dan gerakkan amplas secara horizontal untuk menggosok kain. Pilih permukaan amplas yang sesuai untuk memberikan efek lembut yang pas.

7. Cuci dengan air hangat
Masukkan jeans ke dalam mesin cuci, masih dalam kondisi terbalik. Cuci tanpa deterjen dengan suhu hangat.

8. Keringkan dengan bola tenis
Masukkan jeans ke dalam pengering. Masukkan empat bola tenis bersih. Bola tenis akan memberikan jeans "pijatan" kuat selama dikeringkan. Hal ini bisa membantu melembutkan bahan denim. Atur mesin pengering pada tingkat panas rendah untuk menghindari penyusutan. Namun, jika tidak keberatan jeans sedikit menyusut, Anda bisa memilih tingkat panas tertinggi untuk membuat bahan denim lebih lembut.

9. Gunakan dan cuci saat diperlukan
Jeans yang sering digunakan otomatis akan terasa lebih lembut. Jangan lupa juga untuk mencucinya secara rutin.

Namun, perlu diingat perawatan sederhana mungkin bisa mengubah tampilan jeans menjadi tidak natural. Sehingga, untuk pertama kali coba terlebih dahulu dengan jeans yang tak terlalu mahal.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon