Wednesday, October 3, 2018

10 BAHAN ALAMI INI DAPAT MEMBANTU MENGHILANGKAN BEKAS CACAR AIR

Tips Mengilangkan Bekas Luka Akibat Cacar Air. Cacar air dapat terjadi di semua usia. Terutama pada orang-orang yang sistem imunnya sedang lemah seperti ibu hamil, bayi dan lansia. Sembuh dari cacar air tidak serta merta terbebas dari masalah, pasalnya penyakit yang satu ini akan meninggalkan bekas pada kulit yang cukup tidak sedap dipandang. Bekas luka tersebut berwarna hitam. Baca juga Perawatan Kulit dengan Bahan Alami yang Paling Sederhana TIPS PERAWATAN KULIT

10 BAHAN ALAMI INI DAPAT MEMBANTU MENGHILANGKAN BEKAS CACAR AIR

Bekas cacar air (yang tidak parah) akan menghilang dengan sendirinya, tapi butuh waktu yang cukup lama, yakni hitungan bulan-tahun. Jika terkena cacar air di usia dewasa, maka bekas cacar air akan lebih lama hilang dibanding pada usia anak-anak.

Untuk menghilangkan bekas cacar, Anda dapat mencoba 10 bahan alami berikut ini.

1. Jagung Muda

Jagung merupakan salah satu bahan alami yang manfaatnya besar untuk tubuh. Selain digunakan sebagai pengganti nasi, jagung khususnya yang muda atau manis dikenal ampuh untuk menghilangkan bekas luka yang disebabkan oleh cacar air. Penggunaannya telah dikenal sejak lama dan menjadi salah satu obat tradisional. Manfaat tersebut diperoleh karena tumbuhan ini memiliki kandungan vitamin E dan antioksidan yang cukup tinggi.

Parut jagung muda hingga halus. Setelah itu, oleskan pada bekas luka cacar air. Pada bagian wajah, Anda dapat memakainya sekaligus sebagai masker. Diamkan hingga mengering dan bilang dengan air bersih. Jika melakukannya secara rutin, dijamin bekas luka akan segera memudar dan kemudian hilang.

2. Tomat
Kegunaan tomat dalam bidang kecantikan memang sudah tidak diragukan lagi. Buah satu ini kaya akan vitamin E dan C yang bermanfaat untuk menyingkirkan bakteri serta mengembalikan keseimbangan kulit. Karena hal itu tomat dimanfaatkan untuk mengatasi bekas luka cacar air. Selain itu, masalah kulit lainnya seperti jerawat dan kulit kusam juga dapat diatasi dengan buah satu ini.

Penggunaan tomat untuk menghilangkan bekas cacar air sangat mudah. Haluskan tomat matang untuk dijadikan sebagai masker wajah. Atau bisa dengan membelah tomat menjadi beberapa bagian kemudian oleskan pada wajah dan area tubuh yang terdapat bekas luka. Diamkan hingga kering lalu bilas menggunakan air hangat.

3. Pepaya
Buah pepaya adalah salah satu yang paling ampuh untuk melancarkan pencernaan. Rupanya buah yang berwarna oranye ini juga sering digunakan untuk menghilangkan bekas cacar air berkat kandungan vitamin E di dalamnya. Pepaya juga dapat mengangkat sel kulit mati yang tentunya membantu proses menyamarkan bekas luka.

Masih sama seperti sebelumnya, penggunaan pepaya cukup dengan menghaluskannya. Kemudian campurkan dengan madu dan oleskan pada bagian yang terdapat bekas luka cacar air. Jangan lupa lakukan secara rutin setiap hari.

4. Lidah Buaya
Salah satu tumbuhan yang memiliki manfaat sangat besar untuk kecantikan wajah dan rambut adalah lidah buaya. Tumbuhan berduri ini mengandung antioksidan tinggi yang baik untuk kesehatan kulit. Bahkan saking ampuhnya untuk memperbaiki kulit rusak, sudah banyak produk yang menggunakan lidah buaya sebagai bahan dasarnya.

Lidah buaya pun kerap digunakan untuk mengatasi bekas luka di kulit akibat cacar air. Oleskan gel lidah buaya pada bagian kulit terdapat bintik hitam bekas luka tersebut dan biarkan hingga mengering. Lakukan hal ini secara rutin 2 kali sehari setiap setelah mandi.

5. Sari Lemon
Vitamin C memiliki manfaat untuk mencerahkan kulit dan menyamarkan flek-flek hitam pada wajah. Kandungan tersebut banyak ditemukan di buah lemon. Dengan begitu, lemon dapat digunakan untuk menghilangkan bekas luka cacar air yang biasanya memang berwarna hitam. Bekas luka tersebut akan memudar seiring penggunaan lemon dan lama-kelamaan menghilang.

Cara menggunakannya cukup mudah. Peras lemon dan oleskan sarinya pada wajah atau bagian bekas luka tersebut. Bisa juga dengan mencampurkan air perasan lemon dengan madu.

6. Minyak Atau Tablet Vitamin E
Minyak vitamin E memiliki sifat melembapkan dan mengandung antioksidan kuat. Selain itu, minyak ini bermanfaat untuk menyamarkan noda dan menghaluskan kulit. Minyak vitamin E juga telah lama digunakan dalam perawatan kecantikan. Biasanya minyak ini dijual dalam bentuk tablet.

Tuangkan minyak di telapak tangan dan oleskan pada area yang di mana bekas cacar air berada. Anda dapat memberikan sedikit pijatan agar sirkulasi darah meningkat yang juga memberikan efek pada proses penyembuhan bekas cacar tersebut.

7. Baking Soda

Baking soda merupakan natrium bikarbonat yang memiliki fungsi sebagai antibakteri, antijamur, antiseptik dan antiperadangan. Bahan satu ini juga dapat digunakan untuk menghilangkan bekas luka cacar air yang umumnya sama dengan flek yang ditimbulkan oleh jerawat.

Campurkan baking soda dengan sedikit air. Lalu oleskan pada bekas luka cacar air.

8. Air Kelapa
Air kelapa dikenal dengan manfaatnya untuk menetralkan racun. Biasanya penderita cacar air akan disarankan untuk mengonsumsi minuman satu ini agar cepat sembuh. Air kelapa juga dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan bekas luka akibat penyakit tersebut.

Untuk menggunakannya, cukup mengoleskan air kelapa pada area bekas cacar air berada. Kemudian diamkan hingga kering lalu bilas menggunakan air. Lakukan kegiatan tersebut secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal.

9. Madu
Madu memiliki manfaat yang besar untuk kesehatan kulit. Medu memiliki sifat antibakteri dan antioksidan yang dapat menyembuhkan bekas luka cacar air pada kulit. Selain itu, sel kulit akan lebih sehat dan kondisinya juga membaik.

Penggunaan madu, cukup dengan menjadikannya masker wajah. Kalian bisa mencampur bahan alami tersebut menggunakan oatmeal agar hasilnya lebih efektif. Oleskan juga pada bagian tubuh lain yang terdapat bekas luka cacar air.

10. Mengkudu

Buah yang memiliki bau tidak sedap ini mengandung antioksidan tinggi sehingga akan menyamarkan bekas luka dalam waktu yang cepat.

Cara menggunakan mengkudu sangat mudah. Haluskan mengkudu terlebih dahulu. Kemudian oleskan secara merata pada bagian di mana bekas luka cacar air berada. Lalu diamkan beberapa saat dan bilas hingga bersih.

Cara menghilangkan bekas cacar air secara alami seperti di atas tergolong mudah dan murah untuk digunakan, namun perlu kesabaran untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon