Saturday, August 27, 2016

Tips Perawatan Kulit Sensitif Tanpa Memaai Bahan Kimia

Perawatan Kulit Sensitif – Masalah seputar kulit wajah memang sangat menarik terutama pada jenis kulit sensitif. Mungkin Anda memiliki jenis kulit wajah sensitif sehingga perlu mendapatkan berbagai perawatan intensif. Memang jenis kulit sensitive mempunyai karakteristik lebih cepat terhadap rangsangan tidak seperti kulit lainnya. Rata-rata reaksi terhadap berbagai jenis bahan kimia terjadi bahkan pada kondisi lingkungan yang cukup panas.


Tips Perawatan Kulit Sensitif Tanpa Memaai Bahan Kimia
Ciri yang mudah dilihat pada jenis kulit sensitif adalah warnanya yang sangat mudah berubah menjadi merah jika terkap paparan sinar matahari. Bahkan dalam situs dingin terkena AC (Air Conditioner) juga mudah menjadi kering atau lebih mudah berjerawat. Pengaruh lingkungan dan makanan menjadi faktor penentu dari kesehatan kulit. Sehingga bagi pemilik kulit sensitif harus memperhatikan asupan makanan dan kondisi lingkungan sekitar.

Tips perawatan kulit sensitif memang sangat berguna agar kesehatan kulit bisa terjamin.

Perawatan Kulit Sensitif Tanpa Memakai Bahan Kimia

Ada berbagai cara untuk mengatasi masalah pada kulit sensitif diantaranya :

Menghindari Penggunaan Pembersih Wajah
Sebisa mungkin hindari penggunaan bahan pembersih wajah yang menggunakan zat eksfoliasi. Bahan kimia tersebut sering terdapat pada produk pembersih wajah. Jika digunakan dengan intensitas cukup tinggi maka tidak baik untuk kesehatan kulit sehingga warna kulit akan berubah jadi merah. Gunakan pembersih wajah dengan kandungan salicylic acid yang sudah terkenal sangat berguna dalam membuka sumbatan pori-pori kulit wajah.

Jangan Gunakan Kosmetik Secara Berlebihan
Memang sangat berguna dalam penggunaan kosmetik tetapi jangan terlalu berlebihan karena tidak baik untuk kesehatan kulit. Gunakan bahan kosmetik terbuat dari herbal seperti madu, aloe vera, jeruk nipis atau lemon, dan minyak zaitun dimana sudah terkenal memiliki khasiat baik pada berbagai jenis kulit terutama kulit sensitif.

Jangan Menggunakan Pembersih Berbahan Alkohol
Satu tips lainnya yang sering diabaikan adalah jangan menggunakan pembersih dengan bahan alkohol karena bisa membuat kulit semakin sensitif bahkan terjadi iritasi yang cukup parah.

Tambahkan Sun Blok 
Saat berada di luar ruangan sebisa mungkin tambahkan sun block ata tabir surya agar kulit terlindungi dari paparan sinar matahari. Memang dalam cuaca panas penggunaan tabir surya sangat penting, tetapi jika tidak berada di luar ruangan jangan gunakan tabir surya.

Jangan Sering Menyentuh Wajah
Menyentuh wajah menggunakan tangan kosong sangat tidak disarankan karena bisa memberikan banyak masalah seperti jerawat atau kulit iritasi. Kuman dalam tangan tidak terlihat mata sehingga cara amannya bisa memakai kain halus.

Hindar Begadang
Kegiatan begadang bisa membuat produksi kolagen kulit menjadi terhambat, sehingga membuat kulit semakin kering karena kurang asupan nutrisi. Bila pekerjaan menuntut untuk begadang maka berikan asupan nutrisi berupa buah dan minum air putih lebih banyak.

Jangan Basuh Muka Menggunakan Air Hangat
Membasuh muka menggunakan air hangat akan membuat kulit terjadi iritasi. Tetapi jangan pula membasuh muka dengan air dingin, tetapi pakailah jenis air setengah hangat dan dingin agar kulit tidak kaget dengan perubahan suhu mendadak.

Jika Terkena Iritasi Langsung Konsultasi ke Dokter
Bila terjadi iritasi kulit yang tak kunjung sembuh maka langsung konsultasikan ke dokter spesialis kulit untuk memastikan cara penanganannya. Berbagai iritasi sering diabaikan karena dianggap bisa sembuh sendiri, tetapi sebaiknya konsultasi ke dokter spesialis kulit untuk mendapatkan perawatan maksimal.

Tips Perawatan Kulit Sensitif Tanpa Memaai Bahan Kimia. Berbagai kendala dalam merawat kulit wajah sensitif memang harus dilakukan dengan hati-hati karena jenis kulit tersebut lebih membutuhkan banyak perawatan. Maka dari itu konsultasilah ke dokter spesialis kulit agar kondisi kulit bisa lebih baik dan mendapat perawatan maksimal.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon