Wednesday, September 7, 2016

TIPS PERAWATAN KULIT BAYI Yang Mengelupas Tanpa Ribet

Perawatan Kulit Bayi yang Mengelupas – Pada umumnya tekstur kulit bayi sangat halus dan lembut. Namun karena kulit bayi lebih tipis dari kulit orang dewasa dan sangat sensitif, tidak jarang kulit bayi mengalami alergi atau iritasi ringan dan pengelupasan. Lihat juga artikel terkait tentang Perawatan Kulit Bayi Cantik Alami dan Bersih.

http://www.kulitcantikalami.com/2016/08/perawatan-kulit-dengan-lidah-buaya.html

Pengelupasan yang terjadi pada kulit bayi biasanya karena kulit bayi kering. kondisi ini tentunya membuat anda khawatir karena bayi anda rewel akibat rasa perih yang dialaminya. Tapi sekarang anda tidak perlu khawatir lagi karena berikut ini ada beberapa tips perawatan kulit bayi yang mengelupas tanpa ribet.

Cara Perawatan Kulit Bayi yang Mengelupas

1. Perhatikan Suhu Disekitar Bayi
Jika udara di sekitar bayi terlalu panas, maka bayi akan mengeluarkan banyak keringat sehingga membuat kulit bayi menjadi gatal. Ketika suhu udara terasa sangat dingin, maka kelenjar minyak yang keluar sangat sedikit, selain itu kelenjar keringat juga bisa tidak keluar sama sekali. Hal ini menyebabkan kulit bayi tidak berminyak, akibatnya kulit bayi menjadi kering dan mengelupas.

Untuk mengatasinya, anda bisa mengoleskan cream khusus untuk bayi atau minyak zaitun pada kulit bayi yang yang mengelupas.

Suhu udara yang sangat panas juga bisa menyebabkan bayi berkeringat dan tumbuh biang keringat. Apabila hal itu terjadi, anda bisa mengatasinya dengan cara tradisional yang aman untuk bayi, anda bisa mengoleskan tepung kanji / tapioka yang dilarutkan dengan air pada kulit bayi yang terkena biang keringat.

2. Perhatikan Produk yang Digunakan Untuk Bayi
Banyak sekali produk perawatan yang digunakan untuk bayi, mulai dari perawatan rambut sampai kaki dan sabun mandi. Tujuannya adalah agar bayi lebih terawat. Pengelupasan yang terjadi pada kulit bayi bisa jadi disebabkan oleh sabun yang digunakan. Jika penyebabnya adalah sabun mandi, maka anda harus segera mengganti sabun mandi yang digunakan dengan sabun mandi yang lebih lembut dan memiliki PH rendah.

3. Perhatikan Pakaian yang Dipakai Bayi
Dalam melakukan perawatan kulit bayi yang mengelupas, anda harus memperhatikan pakaian bayi anda, terutama bahan pakaiannya. Bahan pakaian yang baik digunakan untuk bayi adalah bahan yang mampu menyerap keringat, lembut di kulit dan tidak panas saat dipakai. Bahan tersebut bisa berasal dari kain sutera atau kain katun yang lembut. Selain itu, pastikan pakaian bayi anda dicuci sampai bersih dan disetrika supaya kuman yang menempel bisa mati.

4. Gunakan Lotion Khusus Untuk Bayi
Penggunaan lotion khusus bayi sangat dianjurkan untuk perawatan kulit bayi yang mengelupas. Ketika bayi anda mengalami masalah kulit sebaiknya anda segera datang ke apotek untuk meminta resep untuk mengatasi biang keringat, alergi, pengelupasan dan masalah kulit lainnya.

5. Jangan Menggunakan Diapers Terlalu Sering
bayi yang menggunakan diapers terlalu sering lebih beresiko mengalami iritasi. Biasanya ini terjadi pada bagian perut bawah, pantat dan selangkangan bayi. Gejalanya ditandai dengan timbulnya bintik merah yang gatal dan perih. Jika dibiarkan dalam waktu lama, maka kulit bayi bisa lecet dan terkelupas.

Penggunaan diapers yang terlalu lama bisa membuat sirkulasi udara tidak lancar yang menyebabkan kulit bayi menjadi lembab.

Lebih baik anda menggunakan popok biasa agar lebih aman. Jika anda terpaksa harus menggunakan diapers, maka anda harus telaten mengganti diapersnya sesering mungkin agar bayi tetap merasa nyaman.

Demikian tips perawatan kulit bayi yang mengelupas, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon