Thursday, January 11, 2018

ATASI MASALAH KULIT INI DENGAN KONSUMSI MAKANAN SEHAT

Atasi Jerawatan hingga Stretch Marks dengan Konsumsi Makanan Ini. Konsumsi makanan sehat bukan hanya berdampak pada kesehatan tubuh, tetapi juga akan terlihat pada kecantikan dan kesehatan kulit Anda. Kurangnya nutrisi tertentu dari makanan akan terlihat jelas pada kulit Anda, misalnya, keriput, kantung bawah mata, jerawat hingga stretchmark. Lihat juga 9 Jenis Kandungan Makanan Bikin Kulit Sehat

ATASI MASALAH KULIT INI DENGAN KONSUMSI MAKANAN SEHAT

Berikut ini beberapa tanda-tanda masalah kulit yang bisa Anda atasi dengan cara alami sebelum beralih ke krim atau kosmetik komersial.

1. Kantung mata

Dehidrasi berkepanjangan dapat menyebabkan kulit kendur termasuk bagian bawah mata Anda. Minum segelas atau dua gelas air putih sebelum tidur dapat membantu kurangi kantung mata. Selain minum air putih yang cukup, istirahat yang cukup juga dapat meminimalisir warna gelap pada kantung mata.

2. Wajah merah

Wajah merah ternyata bisa disebabkan karena kepanasan atau ada intoleransi terhadap makanan tertentu tanpa Anda sadari. Intoleransi umum adalah gluten atau susu, makanan ini dapat memicu sensitiviras pencernaan. Bila Anda tidak toleran terhadap maknaan tersebut, ini dapat menyebabkan kemerahan dan pembengkakan pada wajah. Jika hal ini terjadi, sebaiknya konsultasi pada ahli kulit dan alergi sehingga Anda dapat menghindari makanan tersebut.

3. Jerawat

Makanan yang mengandung yodium tinggi dapat memicu jerawat. Sehingga Anda perlu berhati-hati dengan konsumsi makanan ini, karena para ahli juga mengatakan jika tak ingin berjerawat kurangi konsumsi yodium. Kerang, kecap dan makanan asin cenderung perlu dikurangi agar tak muncul jerawat pada wajah.

4. Penuaan
Semakin cepat proses Anda mengunyah makanan, semakin sedikit nutrisi yang diserap oleh tubuh. Mengunyah, menikmati dan menelan makanan dengan perlahan dapat membantu penyerapan lebih banyak nutrisi ke sistem pencernaan Anda. Kulit sangat membutuhkan nutrisi penting seperti protein, vitamin dan mineral. Jika tak ingin mudah menua, sebaiknya pilih makanan sehat seperti sayur dan buah dengan menikmatinya secara perlahan.

5. Kulit kering

Dehidrasi dapat menyedot kelembaban dari semua sistem tubuh Anda, termasuk kulit. Kulit kering dan keriput, jadi tanda-tanda Anda alami dehidrasi. Minumlah banyak air putih setiap hari agar tubuh tetap terhidrasi. Selain itu, pilihlah buah-buahan yang tinggi kandungan air seperti semangka, jeruk hingga melon yang bisa bantu atasi kulit kering.

6. Wajah bengkak

Asam lemak esensial, seperti biji dan minyak dapat melindungi kulit dari peradangan. Peradangan dapat membuat kulit tampak bengkak dan sembab. Jika Anda mengalami ini, berarti Anda membutuhkan lebih banyak lemak dalam makanan Anda.

7. Kulit kasar

70 persen kulit Anda terdiri dari kolagen. Kolagen ini bergantung pada ketersediaan vitamin C. Bila Anda tidak mendapatkan cukup vitamin, kulit Anda akan mulai mengeras dan kendur. Beberapa sumber vitamin C yang baik bisa Anda pilih seperti jeruk, brokoli dan sayuran hijau berdaun.

8. Kulit pucat dan kurang merona

Kulit Anda akan terlihat sehat dan segar tergantung dari apa yang Anda makan. Jika Anda kekurangan nutrisi, tentu kulit akan cenderung tak sehat. Untuk mendapatkan warna kulit merona yang cantik diperlukan banyak konsumsi vitamin dan mineral. Keduanya bisa Anda dapatkan dengan konsumsi makanan yang tepat. Hindari makanan olahan dan pilihlah beragam makanan segar dan sehat.

9. Dahi berkerut

Dahi dengan garis-garis yang dalam bisa saja terjadi ketika Anda terlalu banyak konsumsi gula. Terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung gula dapat menyebabkan kerusakan kolagen dan elastin. Padahal keduanya merupakan zat yang menjaga kulit Anda tetap kencang.

10. Stretch marks

Penambahan berat badan sering kali disebut penyebab terjadinya strech marks. Guratan pada kulit ini memang cukup mengganggu. Selain terlalu banyak konsumsi lemak, kekurangan zinc juga menjadi peran penting dalam terjadinya hal ini. Untuk mengurangi strectch mark, sebaiknya konsumsi makanan yang mengandung zinc seperti bayam, udang, biji-bijian dan makanan lain yang mengandung zinc tinggi.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon