Thursday, September 8, 2016

Perawatan Kulit Kepala Berjamur Dan Cara Menghindarinya TIPS MENGHINDARI KULIT KEPALA BERJAMUR

Perawatan Kulit Kepala Berjamur – Jamur bisa tumbuh dimana saja, baik di tanah, udara, pakaian bahkan di kulit manusia. Hampir semua masalah kulit pada manusia disebabkan oleh jamur. Jamur yang tumbuh pada di kulit manusia dapat menyebakan seseorang terkena penyakit kulit yang serius.

Perawatan Kulit Kepala Berjamur Dan Cara Menghindarinya

Semua permukaan kulit manusia bisa ditumbuhi jamur termasuk juga kulit kepala. Jamur yang menempel pada kulit kemudian melepaskan toksin yang menyebabkan terjadinya iritasi pada kulit sehingga kulit menjadi merah dan gatal. Jamur yang tumbuh di kepala juga bisa menyebabkan rambut menjadi kering dan bercabang.

Tips Perawatan Kulit Kepala Berjamur

Sebelum kita membahas cara perawatan kulit kepala berjamur dan cara menghindarinya, kita bahas dulu faktor penyebab tumbuhnya jamur di kepala. Kurangnya perawatan pada kulit kepala dan rambut dapat memicu tumbuhnya jamur. Namun ada juga faktor lain penyebab tumbuhnya jamur di kepala, antara lain :
  • Pengaruh suhu dan kelembaban lingkungan
  • Keringat berlebih setelah olahraga
  • karena kelebihan berat badan atau obesitas
  • Handuk yang jarang dicuci
  • Topi atau kerudung yang tidak bersih
  • Ketidakseimbangan hormon
  • Efek dari obat-obatan yang dikonsumsi
  • Akibat dari penyakit yang diderita seperti HIV/AIDS
Ada dua macam cara untuk perawatan kulit kepala berjamur dan penyembuhannya. Cara pertama adalah dengan melakukan pemeriksaan secara klinis. Konsultasikan dengan dokter kulit untuk mendapatkan perawatan intensif. Cara yang kedua yaitu melakukan pengobatan sendiri menggunakan bahan-bahan alami, seperti :

1. Bawang Putih
Bawang putih adalah bumbu dapur yang dapat dimanfaatkan untuk perawatan kulit kepala berjamur. bawang putih merupakan disinfektan terbaik, kandungan ajoene pada bawang putih merupakan senyawa kimia yang aktif melawan jamur.

Cara pemakaiannya, parut atau cincang bawang putih kemudian bungkus dengan kain lalu oleskan bungkusan tersebut ke kulit kepala yang terinfeksi jamur. Diamkan sampai mengering kemudian bilas hingga bersih.

2. Akar manis
Ada lebih dari dua puluh senyawa yang terkandung dalam akar manis, beberapa diantaranya adalah senyawa antijamur. Untuk membuat ekstrak akar manis bisa dengan menumbuk akar manis kemudian campurkan 1 sendok serbuk akar manis dengan 1 gelas air. Rebus air yang dicampur dengan serbuk akar manis hingga mendidih selama 30 menit. Saring rebusan air tersebut dan oleskan pada kulit kepala yang berjamur.

3. chamomile
Chamomile adalah salah satu bahan herbal pembasmi jamur. Semua bagian dari chamomile dapat dimanfaatkan. Untuk ramuan yang diminum bisa campurkan dengan madu lebah. Kemudian untuk pemanfaatan dari luar bisa digunakan sebagai pencuci kepala. Yaitu dengan menggunakan air rebusan daun chamomile kering.

Perawatan kulit kepala berjamur yang kami sarankan diatas sebaiknya dilakukan secara rutin sampai jamur pada kepala anda benar-benar bersih. Untuk pencegahannya anda bisa melakukan hal-hal berikut ini :
  •  Cuci rambut secara teratur menggunakan shampo anti jamur dan anti ketombe
  • Jangan menggaruk kepala untuk menghindari iritasi dan infeksi pada kulit
  • Gunakan salep anti jamur
  • Hindari penggunaan produk yang mengandung alkohol
  • Bilas shampo sampai bersih ketika anda keramas sehingga tidak ada lagi shampo yang tertinggal di kepala
  • Pakailah pakaian dan handuk yang bersih
Nah, itulah cara untuk melakukan perawatan kulit kepala berjamur dan cara mencegah tumbuhnya jamur pada kulit. Bagaimanapun juga kita harus senantiasa menjaga kebersihan dan kesehatan kulit supaya terhindar dari berbagai macam penyakit.


perawatan kulit kepala berjamur, perawatan kulit kepala dari ketombe, perawatan kulit bayi yang mengelupas, merawat kulit kepala botak, perawatan kulit kepala berkerak

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon